12 November 2014

Mie Panjang

Entah ini tradisi dari mana, entah juga ini mulai kapan dilakukannya, tapi setiap ada yang ulang tahun di rumah, mama pasti masak mie goreng, dan kita menyebutnya "Mie panjang". 


Setelah berumah tangga, kebiasaan di rumah itu aku bawa juga ke rumah ku. Hari ini, alvaro Bayanaka Maru, putra pertama ku berulang tahun yang ketujuh. Akupun masak mie panjang.

Ternyata kebiasaan memasak Mie Panjang itu biasa dilakukan oleh siapa pun pada saat peringatan hari ulang tahun. Nah, mie ini nama sesungguhnya adalah "Mie Panjang Umur" kenapa namanya seperti itu? Karena memang mie ini sengaja di masak saat ulang tahun atau tahun baru China.

Mie panjang ini kabarnya melambangkan agar orang yang berulang tahun diberikan usia yang panjang, dan dilimpahkan nikmat rejeki yang banyak serta kesehatan yang baik. Konon katanya lagi, Saat memasak mie panjang, mie nya itu tidak boleh dipotong. Dan ketika akan dimakan harus menggunakan sumpit dan memasukan semua mie dari ujung tanpa terputus kedalam mulut, baru kemudian dikunyah. (Diu Oktora / Graha Raya Bintaro - Cluster Valencia, 12 November 2014).


Tidak ada komentar: