29 April 2015

Liburan = Berantakin Rumah Opung

Liburan panjang akhir minggu pada awal bulan April ini seperti biasa Alvaro dan Shaqira menghabiskan waktu liburannya di tempat favorit dan handalan mereka, dimana lagi kalau bukan di rumah opung di Perumnas 3 - Bekasi Timur.

Kalau libur di rumah Opung itu artinya mereka bebas melakukan apapun, termasuk berantakin rumah, salah satu ruangan di rumah Opung pasti mereka sulap jadi tempat mereka bermain. Itu artinya segala perabot atau barang lain jadi sarana bermain, barang - barang kaya kursi atau meja pasti mereka geser sana geser sini.

 Acara "ngeberantakin" rumah kegiatan yang paling Alvaro sama Shaqira senengin, karena Opung ga pernah ngelarang. Dan cuma di rumah Opung aja para krucil ini bisa ngelakuin hal seperti ini. Kalau nginep di tempat lain, mana bisa dan mana mungkin ngelakuin ini. Makanya, rumah Opung di Bekasi, selalu menjadi tempat favorit libur, laksana taman bermain buat Alvaro dan Shaqira.

Kalau rumah udah berantakan, itu pasti nyebelin banget, karena perlu tenaga ekstra untuk ngebersihinnya. Walaupun Alvaro dan Shaqira sudah terbiasa membereskan mainannya, tapi tetep emaknya atau opungnya harus turun tangan ngebersihin juga.

Tapi ternyata dibalik urusan ngeberantakin rumah, disana daya imajinasi Alvaro dan Shaqira bermain. Saat mereka menyusun permainan, bocah - bocah ini mempunyai bayangan apa yang mereka buat. Bahkan Shaqira yang umurnya baru 2,5 tahun pun bisa mengikuti imajinasi abangnya, karena saat abang adik ini membuat mainan, mereka berdua "berdiskusi" tempat apa yang mereka buat, nanti ngapain aja mereka di "bangunan" yang mereka buat itu.

Kali ini Alvaro dan Shaqira berimajinasi membangun benteng. Ruang tamu di rumah Opung pun dengan cepat berubah menjadi benteng ala duo Maru. Sofa - sofa di ruang tamu mereka dempetin, bantal kursi mereka jadikan tembok, tidak hanya itu bantal tidur di kamar pun mereka turunkan untuk tambahan tembok.

Saat mereka asik membuat benteng, aku yang memang selalu mendampingi anak - anak bermain iseng tanya - tanya.

Aku : Itu kalian buat apa?

Alvaro : buat benteng

Shaqira : buat anteng (membeo ucapan abangnya)

Aku : Abang, emang benteng apa?

Alvaro : tempat berlindung, kata mister (*gurunya di sekolah) benteng itu tempat berlindung dari musuh. Dulu waktu indonesia perang, pahlawan berlindungnya di benteng.

Aku : terus benteng yang abang buat ini untuk apa?

Alvaro : buat tidur - tiduran aja sambil main game, jadi main game nya aman. Ga bisa diganggu sama tante, karena udah dilindungin sama benteng.

Shaqira : buat minum susu mama, buat bo'bo (*Shaqira ga mau kalah ikutan jawab)

Ternyata kelakuan bocah - bocah kalau main ngeberantakin rumah ada sisi positifnya juga. Itu bisa merangsang daya imajinasi anak - anak untuk bisa berkreasi ala mereka. Tapi pendampingan orangtua memang tetap diperlukan, palinh tidak untuk mengarahkan pemikiran dan imajinasi anak - anak.

Baiklah, mari lipat lengan baju buat beresin rumah. (Diu Oktora, Graha Raya Bintaro - Cluster Valencia, 29 April 2015)

2 komentar:

pistasimamora mengatakan...

hal yang sama yang aku lakukan :P

Unknown mengatakan...

Toss kita mbak Icha