30 Juni 2015

Cerita Alvaro : Belajar Mencintai Alam

Libur sekolah tlah tiba.... "Horeeeee...", teriak Alvaro. Sekolah Alvaro sebenarnya sudah mulai libur sejak tanggal 15 Juni, dan baru akan kembali sekolah nanti tanggal 27 Juli.. Wowww, lamanya. Liburan sekolah kali ini bertepatan dengan puasa Ramadhan, tapi ini tidak menghalangi Alvaro untuk minta jalan-jalan. Salah satu tempat yang ingin didatangin Alvaro kali ini adalah kawasan wisata alam Godong Ijo, di Sawangan, Depok - Jawa Barat.

Sebenarnya Alvaro sudah pernah ke Godong Ijo. Kunjungan pertama Anak sulungku ini adalah waktu field trip sekolahnya akhir Mei lalu. Sekolah anak ku ini, Madinah School adalah sekolah alam, jadi setiap kegiatannya memang dikaitkan dengan kecintaan dan mengenal alam beserta isinya.

 Waktu akan field trip ke Godong Ijo, Alvaro semangat sekali. Sakin semangatnya, yang biasanya kalau dibangunin pagi mau sekolah suka mewek, ini dari jam 3 pagi udah bangun dan tanya "Mam, aku mandi sekarang ga? Ini udah pagi belum? Aku mau siap-siap ke sekolah". Acara field trip memang jadi acara favorit Alvaro dan teman-temannya di sekolah.

Singkat cerita, setelah seharian field trip ke Godong Ijo. Malam sebelum tidur, Alvaro bercerita soal pengalamannya hari itu. Cerita dimulai dengan "Mama, nanti liburan sekolah, kita ke Godong Ijo lagi ya. Disana asik tempatnya, banyak binatang-binatang, terus kita bisa bikin kreasi dari bahan-bahan alam, aku mau kesana lagi nanti".

Alvaro kemudian bercerita disana banyak binatang, mulai dari reptil, binatang melata sampai jenis ikan-ikanan juga ada. "Disana ada kadal batu, mama tau ga kadal batu itu kaya apa? Aku baru tau kalau ada binatang kadal batu. Itu kadalnya keras banget, kaya batu beneran. Warnanya hitam, kata mister ladal batu itu sukanya hidupnya nempel di pohon-pohon, jadi pemburu ga bisa lihat mereka karena warnanya kadal batu hampir sama kaya batang pohon. Karena pemburu ga bisa lihat kadal batu, jadi kadal batunya ga ditangkepin. Aku berani pegang kadal batunya, beneran kaya batu, keras banget", cerita Alvaro penuh semangat.

Cerita Alvaro pun berlanjut, "Abis liat kadal batu, terus tadi kita juga lihat uler. Ulernya besar banget, kata mister namanya uler piton. Tapi ulernya udah jinak ada pawangnya juga, makanya aku sama temen-temen, sama mister foto-foto sama uler. Tapi mama, aku kan pegang ulernya, ga takut sih, tapi geli, kaya licin-licin badannya. Kata mister uler piton di godong ijo makannya tikus putih".

"Disana ada landak juga mama", lanjut Alvaro bercerita. Landak itu hewan berduri, tajam-tajam durinya, kalau ketusuk pasti sakit. Kata mistet duri landak itu buat pelindung, jadi kalau ada yang mau jahat sama landak, ada yang mau tangkap landak, duri-durinya akan mekar, jadi musuhnya akan takut.

Aktifitas mengenal alam tidak hanya dengan mengamati binatang-binatang saja. "Kita tadi disana juga buat celengan mama. Gampang buatnya, dari kaleng bisa kaleng susu atau kaleng biskuit. Terus untuk nutupnya, ngelapisin kalengnya pake kulit jagung yang udah dikeringin terus ditempel ke kaleng. Jadi dech celengannya", tutur putra ku yang sekarang naik ke kelas 3.

"Kita juga bikin burger sendiri. Bahannya roti, daging, tomat sama keju. Buat burger harus pake sarung tangan, biar bersih. Aku sih buat burgernya cuma pake daging sama keju aja, aku ga suka tomat. Kalau udah selesai, burgernya terus kita makan sama-sama".

"Disana kita juga main-main, terus foto-foto pake topi caping sama alat-alat bertani. Enak dech mama, kita kesana lagi ya nanti pas libur sekolah", minta Alvaro.

"Abang kan udah pernah kesana, udah tahu semua, ngapain kita kesana lagi, mending ketempat lain aja, gimana?" tanya ku. Loh, kok fa dijawab-jawab Alvaro, pas aku liat ternyata Alvaro sudah lelap tertidur, kecapean berpetualang di Godong Ijo kayanya.... Yaacchhh, emaknya ditinggal tidur.

Ini foto-foto kegembiraan Alvaro dan teman-temannya di Godong Ijo. Asik juga tempatnya buat alternatif libukan edukasi buat anak-anak. (Diu Oktora, Graha Raya Bintaro - Cluster Valencia / 28 Juni 2015)






6 komentar:

syaifuddin sayuti mengatakan...

ternyata dirimu sekarang jadi blogger juga tho... kok gak pernah ketemu di blogger meetup ya?

syaifuddin sayuti mengatakan...

hi Diu.... kok kita gak pernah ketemuan ya kalo ada event blogger?

Farichatuljannah mengatakan...

wah, seru banget ya.... :D

Unknown mengatakan...

Mas Udin, hehehe, aku sebenernya ngeblog udah dari tahun 2008, cuma memang aku jarang ikutan ngumpul2nya, baru belakangan ini ikutan, itupun sekali2 aja

Unknown mengatakan...

Iya seru banget mak

Keke Naima mengatakan...

ternyata tempatnya asik juga buat anak-anak, ya :)