17 April 2008

Prof. DR. Gulardi Wiknyosastro SpOG

Prof. Gul ... Begitu biasanya Prof. DR. Gulardi Wiknyosastro SpOG biasa disapa. Dokter kandungan di RSIB Budi Kemuliaan, Tanah Abang - Jakarta Pusat ini orangnya rada "3N" ... Nyentrik, Nyeleneh dan Nyantai. Gelar Profesor dinamanya tidak membuat dirinya jadi "Profesor".
Penampilan Prof Gul sangat sederhana, padahal dirinya adalah dokter kandungan ternama, guru besar Fakultas Kedokteran UI, dan Profesor pula. Kalau praktek Prof Gul tidak pernah menggenakan baju putih, pakaian kebesaran para dokter, layaknya dokter - dokter lain. Prof Gul hanya mengenakan kemeja lengan panjang, yang tangannya selalu digulung. Secara mata, penampilan Prof Gul tidak seperti dokter, hanya orang yang kenal dia atau pasiennya yang tahu kalau Prof Gul itu adalah dokter kandungan.
Dan, Prof Gul itu dokter kandungan favorit ku. Awal perkenalan dengan Prof Gul melalui teman kantor ku, Ali Indra Gunawan .... (Thanks ya ndra udah rekomendasi Prof Gul). Sudah setahun menikah, jabang bayi yang ditunggu belum juga datang, Indra merekomendasikan Prof Gul untuk konsultasi. Entah karena tangan dingginya Dan Allah sudah memberikan kepercayaan padaku, baru dua kali konsultasi aku dinyatakan hamil.
Selama masa kehamilan, aku kontrol ke Prof Gul, banyak cerita lucu & mengagetkan yang aku alami dengan gaya "3N" nya. Diawal kehamilan aku sering kali pendarahan. Karena ini anak pertama tentu saja aku khawatir dengan kondisi ini. Tapi Prof Gul justru bilang "Kalau memang rejeki mu hamil, kamu akan tetap hamil". Denger Prof Gul ngomong begitu, jujur aja aku kesel banget. Tapi itulah Prof Gul ....
Nah, kalau pas kontrol, tiap kita masuk ke ruangannya, belum juga duduk, Prof Gul selalu mengerakkan jarinya menunjuk ke tempat tidur di ruang pemeriksaan. Awalnya aku bingung dengan tingkah Prof gul. Tapi ternyata itu maksudnya kita alias pasien langsung ke tempat tidur untuk di periksa. N kalau kita kontrol paling lama cuma 5 menit di ruangannya. Kilat banget deh.
Selama kehamilan 9 bulan, berat badan ku hanya naik 4 kilogram. Sementara orang hamil normal lainnya, berat badan bisa naik sampai belasan atau puluhan kilogram. Waktu aku tanya ke Prof Gul, jawabannya "Gue ga peduli berat badan loe ga naik, yang penting berat yang didalam perut loe naik dan sehat"... Nyeleneh banget kan.
Trus, di usia kandungan ku 35 minggu, aku mengalami kontraksi tak diundang. Akhirnya aku bed rest di rumah sakit. Waktu Prof Gul datang untuk periksa kondisi ku, dia ngomong "Eh, ada setan lewat hari gini loe kontraksi. Udah pulang aja, istirahat di rumah, kita tahan bayinya sampai umur 39 minggu". Trus keluar deh Prof Gul sambil bilang ke perawat kasih obat n surat istirahat... Prof Gul ... Prof gul ...
Tiba waktunya melahirkan... Jam 11 siang aku sudah masuk ruang perawatan RSIB Budi Kemuliaan, dengan kondisi pecah ketuban dan sudah pembukaan satu. Kemudian Prof Gul datang untuk observasi. Dia bilang "OK, kita tunggu saja, paling ntar malam atau besok pagi kamu baru melahirkan". Tapi jam 3 sore, aku sudah masuk kamar bersalin, karena sudah pembukaan empat. Setelah satu setengah jam di kamar bersalin, Prof Gul datang. Sambil ketawa dia bilang "Kan gue udah bilang lahir ntar malam atau besok pagi, ini malah mo lahir serang. Buru - buru amat, gue kan lagi seminar". Sambil periksa, dia bilang "OK, ini mungkin lahirnya abis magrib, sekarang gue keluar dulu". Tapi belum setengah jam, Prof Gul dipanggil lagi karena aku sudah pembukaan sembilan dan kepala bayinya sudah mau keluar. Dengan santainya dan sambil tersenyum Prof Gul masuk "OK kondisinya bagus, sekarang gue cuci tangan dulu". Selesai cuci tangan sambil nyanyi - nyanyi kecil Prof Gul pakai sarung tangan kemudian dia bilang "Ayo kita mulai, gue hitung sampai tiga ya, anak loe udah harus keluar". Mulailah Prof Gul berhitung, baru sampai hitungan ke dua lahirlah "ALVARO BAYANAKA MARU"
Mungkin dengan gaya "3N" ditambah kalau ngomong selalu blak - blakan, mungkin banyak pasien yang akan illfill. Tapi tidak buat ku, Prof Gul justru buat aku nyaman. Ditengah - tengah kesakitan saat kontraksi mau melahirkan, begitu melihat wajah Prof gul dikamar bersalin, tiba - tiba saja semua rasa sakit itu hilang ... Thanks prof Gul sudah bantu saya melahirkan Alvaro Bayanaka Maru, sekarang varo usianya sudah 5 bulan.
Prof ... Semoga kita bisa ketemu lagi untuk anak saya ke dua. Thanks alot Prof Gul ....

20 komentar:

Anonim mengatakan...

mohon doanya,
prof gulardi saat ini sedang dalam perawatan di icu rs singapura, sudah 3 hari, sebelumnya dalam perawatan intensif di icu rscm karena menderita limfoma maligna.
beliau guru saya, dan juga guru para obgin di indonesia..
sungguh suatu kehilangan besar bila beliau tidak ada disamping kita lagi...

Diu Oktora mengatakan...

Saya akan membantu doa untuk Prof. Gul. Beliau adalah dokter kandungan favorit saya. Setiap konsultasi dengan beliau saya tidak pernah merasa sedang bertemu dengan seorang dokter, tapi seperti bertemu dengan seorang bapak, bahkan sahabat. Sebagai seorang dokter, beliau tidak pernah membuat pasien merasa takut dengan apa yang dialaminya, beliau justru membuat menjadi lebih tenang dan nyaman. Saat ke rumah sakit budi kemuliaan saya juga mendapat kabar Prof sedang sakit, tapi saya pikir sakit biasa. Semoga prof cepat sembuh dan dapat kembali berpraktek, Saya berharap semoga kelak jika saya diberikan anak kedua, Prof Gul masih bisa menjadi dokter kandungan saya... Amin. Btw, limfoma maligna itu penyakit seperti apa? Saya berharap bisa mendapatkan kabar mengenai kondisi prof gul selanjutnya. Thanks

Anonim mengatakan...

Oooh... Prof. Gul... I'm Sorry to Hear That. Prof. padahal rencananya aku mau periksa rahimku setelah 11 bulan aku melahirkan. Aku mau punya anak lagi Prof... Aku telpon RS BUDI KEMULIAAN, kata susternya Prof.sudah tidak praktek lagi, terus aku telpon RS YPK, susternya bilang Prof. masih sakit. Prof. aku beserta suami dan anakku Rauf, mendoakan Prof. supaya cepet sembuh dan diberikan kesabaran dan keikhlasan dalam menghadapi penyakitnya...

Diu Oktora mengatakan...

Amin... Semoga Prof. Gul diberikan kesembuhan.

Anonim mengatakan...

Inna lillahi wa inna illaihi rojiun.. Baru dengar kabar kalau tadi pagi prof. Gul telah berpulang. Semoga dilapangkan kuburnya & mendapat tempat mulia di sisi Allah...amin..

Yuri Feharsal mengatakan...

Innalillahi wainna lillahi roji'un,
Telah meninggal dunia:

Prof. Dr. dr. Gulardi Hanifa Wiknjosastro, Sp.OG(K)

di ICU PJT RSCM pada hari Sabtu, 19 September 2009 jam 09.05. Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi-Nya. Amin!

Yuri Feharsal mengatakan...

Innalillahi wainna lillahi rojiun,
Prof. Dr. dr. Gulardi Hanifa Wiknjosastro, Sp.OG(K) telah meninggal dunia pada hari Sabtu, 19 September 2009 di ICU PJT RSCM jam 09.05.

Semoga amal ibadah beliau diterima disisi-Nya. Amin!

Anonim mengatakan...

Innalillahi Wa Inailaihi Rojiun. Telah berpulang Prof Dr Gulardi pada hari ini, sabtu 19 Sep 2009. Semoga Amal Ibadah Almarhum, diterima di sisi Allah SWT

Anonim mengatakan...

Prof. Gulardi meninggal pagi ini...

Anonim mengatakan...

Saya baru mendapat kabar bahwa Prof Gulardi hari ini meninggal dunia.Semoga arwah beliau di terima disisi-Nya dan keluarganya di berikan kekuatan.Amin

Anonim mengatakan...

Salam kenal...
aku terkesan dengan tulisan mbak Diu..karena aku jg merasakan hal yang sama...
For me, Prof Gul is the best...
Bener banget mbak, Prof Gul ..dokter yang cowboy...so far aku sih merasa nyaman dan trust banget sama beliau...
Mbak, just wanna inform , kita udah kehilangan sosok Prof Gul..karena tanggal 19 Sept yll, 1 hari sebelum Hari Raya , Prof Gul meninggalkan kita semua dalam usia 63 th (usia yang sama ketika Rasulullah wafat). Ya...Allah telah berkehendak, Prof Gul telah berpulang..dan pasti ini takdir Nya yang terbaik..setelah Prof berjuang melawan kanker sekian lama.
Aku sangat kehilangan ...dan g tau mau ke dokter siapa lagi..3 anakku lahir dengan pertolongan beliau..aku sangat bangga menjadi pasien beliau..smoga Beliau mendapat tempat terbaik di sisi Allah ..Semoga segala amal dan kebaikannya mendapat ganjaran berlipat ganda ..amien ya Robbal b-alamin.
Selamat jalan Prof Gul'ku...dokter kita semua...
I love you...

Ok mbak Diu ..ini yang bs aku sampaikan...

salam,
Sofia Rusanto
sofia_rusanto@yahoo.com

Anonim mengatakan...

Innalillahi Wa Inna illaihi rajiun..Prof Gulardi telah berpulang ke rahmatullah pada malam takbiran yang lalu tanggal 19 September 2009..semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT..amien

Anonim mengatakan...

Prof gul sudah meninggal T_T.. he is also my favorite obgyn ... hiks... selamat jalan prof..

Diu Oktora mengatakan...

Saya turut berduka cita juga. Selamat jalan prof gul

Unknown mengatakan...

Aku juga sangat berduka dengan kepergiannya....

Anakku lahir dua-duanya dengan bantuan dia....

Dokter yang membuat aku nyaman....

Semoga arwah beliau diterima disisinya....dilapangkan kuburnya...

Amiiiin ya robbal alamiiiinn

Anonim mengatakan...

Selamat Jalan Prof Gulardi.
Kaget, Terkejut, Sedih mendengar berita ini, 6 bulan setelah saya melahirkan, Prof. Gulardi sudah mulai Tidak Praktek & Beliau di kabarkan Keluar Negeri. melihat Riwayat Penyakit Beliau yang begitu cepat. pernah 1 malam saya datang ketempat praktek Beliau, Beliau tampak letih & tidak seperti biasanya... saat itu Bulan Jan 2008 Prof. Gul tidak seperti biasanya.. apa mngkin saat itu Prof. Sudah tau penyakit yang Dideritanya... akan tepai setelah malam itu saya melihat Prof seperti biasanya... dan Prof bisa Tegar menghadapinya dan tetap menolong Para pasiennya tanpa Pamrih sampai detik terakhir mau tidak mau Beliau harus Berobat...
Selamat Jalan Prof Gulardi ...

Unknown mengatakan...

Saya juga merasa kehilangan Prof Gul yang telah membantu saya melahirkan ketiga anak saya yang semuanya laki-laki,saya sangat
terkesan karena setiap habis melahirkan melalui operasi obatnya cuma satu macam yang dibilang para suster YPK obat dewa, yaitu PONSTAN. Prof Gul orangnya cuek banget, setiap keluhan yang saya d
rasakan dia cuma bilang Ga papa, emang begitu kalo lagi hamil.
selamat jalan Prof Gul............

Unknown mengatakan...

Selamat Jalan Prof....
Semoga segala amal ibadahnya di terima Allah SWT, Di hapus semua dosa2nya, dan kita semua yg ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan....amin

Pengalam dgn Alm. Prof Gul :
Tahun ke 2 pernikahan aku belum dikaruniai anak terus konsultasi ke Prof Gul (klinik pribadinya di Menteng, bukan YPK) tapi 1 tahun konsultasi belum berhasil juga dapat momongan sampe2 Prof Gul bingung dan ngga mau dibayar, Almarhum malah bilang "Bayarnya nanti aja kalo berhasil hamil, dah pulang sana, istirahat dan jangan lupa berdoa". Beliau bener2 dokter yang mendedikasi ilmunya tanpa mikirin materi.... Padahal saya dan suami punya rencana mau konsultasi ke Alm. lagi dan suami punya niat kalau saya hamil pengennya Prof Gul yg tangani....tapi Allah berkehendak lain :(

Ada lagi ngga ya dokter kandungan sebaik Prof Gul?????

Anonim mengatakan...

Kami, sekeluarga juga turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas kepergian seorang penolong yang baik dan bijaksana yang tidak pernah membeda-bedakan sesamanya, semoga amal ibadah beliau diterima Allah SWT. Selamat Jalan Prof Gulardi.........

Pengalaman dengan Prof Gulardi..
Isteri saya melahirkan anak semuanya laki2 ditolong oleh Prof. Gul.
Anak Yg Pertama (kembar) ditolong oleh Prof Gul, pd Tgl 29 April 2001 di RSCM. Alhamdullillah anak saya sekarang tumbuh dengan baik dan sehat.
Pada Tahun 2008 Isteri saya hamil lagi, dan kami langsung konsultasi ke Prof Gul. Dan Pada Tanggal 9 September 2008 (bulan Puasa hari Selasa) Jam 11.46, Isteri saya melahirkan anak ke tiga laki2 di RS YPK yang langsung di tolong oleh Prof Gul, dan saat habis melahirkan langsung anak saya diberikan kepada saya untuk di kumandangkan adzan yang langsung bayinya diserahkan oleh Prof. Gulardi. Setelah itu secara spontan Saya langsung minta izin kepada Prof Gul. Kalau namanya Prof. Gulardi, akan saya pakai untuk nama anak saya. Lansung Prof Gul, bilang nama saya panjang, saya bilang saya akan Pakai nama Gulardi. Dengan senang hati Prof. Gulardi langsung bilang silahkan pakai, saya sangat senang. Setelah itu beliau langsung berjabat tangan sambil ketawa bahagia. Saya tidak mengetahui kalau saat itu beliau sedang sakit. Setelah dua minggu isteri saya melahirkan saya mengantar isteri saya kontrol dan mengajak anak-anak semua. Waktu dipanggil kami berlima masuk semua keruang periksa beliau. Langsung beliau bilang ini anak yang saya tolong semua, langsung jawab "iya'. Anak2 saya langsung cium tangan dan Prof. Gulardi mengusap-ngusap Kepala anak2 saya. Dan setelah itu beliau minta izin untuk mengambil foto anak2 saya dengan ponselnya. Dan saya langsung sama Prof. Gulardi
bilang bahwa anak saya sudah diberi nama GULARDI ADLI PROYOGO, langsung Prof. Gul, memberikan ancungan jempol, dan mengucapkan terima kasih.
Tepat usia anakku berusia 1 tahun 10 hari, Prof. Gulardi, meninggalkan kami untuk selama-lamanya, selamat jalan Prof. Gul, semoga amalnya dapat diterima disisi oleh Allah SWT, dan pengalaman yang ada di keluarga saya tidak akan saya lupakan. Semoga anak-anak kami akan menjadi penerus-mu selanjutnya. Amin......

gratis 100 % mengatakan...

Assalamualaikum Wr Wb,

Apa kabar ibu Diu Octora,
Saya dapat dari teman saya mengenai profile DR Gulardi mengenai Ahli Kandungan,dan baru tahu kalau beliau sudah meninggal dari blog ibu ini.Sekira nya kira-kira ibu tahu tidak untuk pengganti Almarhum Dr Gulardi yang Ahli dalam kandungan Seperti Beliau dan Kira nya dimana tenmpat praktek nya..Innalillahi wa inna lillahi rojiun ,Semoga amal ibadah dan perbuatan di terima di sisi Allah SWT.Aminnn