17 Juli 2008

Artis, Rame - Rame Jadi Pejabat

Sepanjang tahun 2008, pemilihan kepala daerah, baik tingkat provinsi, kabupaten dan walikota marak berlangsung… Misalnya di Jawa Timur, Serang, Subang, Sumetera Selatan, dan masih banyak lagi.

Belakangan ini banyak selebriti atau artis dijadikan dayapikat dalam bursa pemilihan kepala daerah. Entah apakah ini fenomena baru dalam dunia atau sebagai trik menarik massa pendukung, atau hanya aji mumpung saja. Keterlibatan artis atau selebriti dalam pilkada bukan sekedar jadi juru kampanye atau jurkan, tapi justru sebagai kandidat pekabat atau bakal calon pimpinan daerah.

Beberapa artis yang saat ini sedang bertarung dalam kancah pilkada antara lain, Primus Yustisio yang mencalonkan sebagai Bupati Subang – Jawa Barat. Bersama pasangannya Agus Nurani, Suami dari artis Jihan Fahira tidak diusung oleh partai politik, melaikan calon perseorangan.

Saiful Jamil, penyanyi dangdut yang diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP), merupakan calon Wakil Wali Kota Serang – Banten. Bersama Kirtam Sanjaya, Saiful Jamil akan bertarung pada Agustus mendatang. Di Serang, selain Saiful Jamil, pelawak Didin Bagito juga mencalonkan diri calon Wakil Wali Kota Serang - Banten, bersama pasangannya Suhardi

Pilkada Sumatera Selatan periode untuk memilih gubernur periode 2008 – 2013, juga diramaikan oleh selebriti. Pembawa Acara kondang Helmy Yahya, yang akan berduet dengan Syahrial Oesman (gubernur saat ini) diusung oleh PDI Perjuangan, PPP, PKS, dan partai kecil lainnya mencoba untuk menjadi orang nomor satu dan dua di Sumatera Utara.

Merekrut selebritis memang cara efektif untuk mendongkrak pemilih. Sosok artis yang berhasil mendongkrak suara pemilih. Antara lain Dede Yusuf, yang sukses menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2008 – 2013, bersama pasangannya Ahmad Heryawan. Pasangan yang saat kampanye pilkada membawa jorgan HADE, adalah jawara PKS.

Rano Karno sukses menjadi Wakil Bupati kabupaten Tangerang periode 2008 -2013 mendampingi Ismet Iskandar. Pasangan ini disokong 15 partai, empat diantaranya adalah partai besar seperti Golkar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
Fenomena artis atau selebriti menjadi pejabat sebenarnya bukan hanya terjadi di Indonesia saja, dan bukan baru pertama kali ini terjadi. Di beberapa belahan negara atau benua lain juga ada. Di Asia Tenggara, Philipina pernah memiliki presiden yang dulunya pernah menjadi aktor film, yaitu Joseph Estrada.
Dari negara "Paman Sam", salah seorang mantan presidennya Ronald Reagen, sebelum menjadi presiden Amerika Serikat ke - 40, Reagen adalah seorang artis ternama. Kemudian aktor laga Hollywod, Arnold Alois Schwarzenegger, kini menjabat sebagai gubernur salah satu negara bagian Amerika Serikat, California.
Sesungguhnya, sah - sah saja artis atau selebriti menjadi pimpinan atau pejabat. Tapi harus ada yang mereka sadari, saat menjadi pejabat mereka bukanlah lagi seorang artis yang sangat lihat memerankan tokoh dengan karakter apapun. Mereka saat menjadi pejabat berada di real life now, bukan panggung sandiwara

Tidak ada komentar: