04 Maret 2013

Selamat Ulang Tahun Ayah


Selamat ulang tahun ayah..

Ulang tahun ayah kali ini berbeda dari tahun - tahun sebelumnya. Jika tahun - tahun lalu sosok ayah selalu hadir disetiap ulang tahunnya, tapi kali ini sosok itu tidak hadir dan tidak akan pernah hadir dalam setiap ulang tahunnya kapan pun.. Kini, disetiap ulang tahunnya, hanya kenangan ayah yang bisa diingat, hanya iringan doa yang bisa dikirimkan untuknya.Kenangan ayah tidak akan pernah hilang dalam benak dan pikiran anak-anaknya. Ayah selalu memberikan pengajaran yang tidak bisa dilupakan. Apalagi empat orang anaknya adalah perempuan, ayah tidak pernah menginginkan anak-anak perempuannya menjadi lemah, bahkan ayah ingin anak-anak perempuannya lebih kuat, lebih tegar dari seorang laki-laki.Banyak pelajaran hidup yang ayah berikan untuk anak-anak perempuannya. Ayah selalu bilang "kalian berempat bersaudara, harus selalu rukun, tidak boleh bertengkar dan harus saling membantu".


"Jangan pernah nangis, sekalipun ayah meninggal nanti, ayah ga mau anak-anak ayah nangis" itu pelajaran lain yang diberikan ayah ke anak-anak perempuannya. Dari anak-anaknya kecil, ayah seringkali mengucapkan itu. Mungkin karena kami, anak-anaknya perempuan semua, ayah ga mau kami berempat, anak perempuannya menjadi orang cengeng atau lemah.


Pelajaran teramat berharga yang diberikan ayah kepada istri, keempat anak perempuannya, menantu dan cucunya adalah menghadapi kehilangan orang yang kita sayangi, kita cintai. Dengan kembalinya ayah kepangkuan Ilahi, ayah mengajarkan bahwa suatu saat kita akan kehilangan, akan ditinggalkan orang terdekat kita, orang yang kita sayangi dan cintai. Kepergian itu tanpa ijin, kepergian itu datang tiba-tiba dan tanpa sebuah rencana. Ayah mengajarkan bahwa kita harus siap dan harus kuat. Kepergian itu bukan akhir sebuah kehidupan, tapi awal dari sebuah perjalanan.


Ya Allah.. Masih tidak percaya rasanya ayah sudah tdk duduk lagi di kursi kesayangannya atau ga bisa dengar ketawa ayah lagi setiap liat ulah Alvaro nyanyi2 dengan tongkatnya..Ya Allah, ampunilah segala dosa2 ayah, terimalah semua amal kebaikan dan ibadah ayah selama hidup, sempurnakanlah keimanan ayah dan tempatkanlah ayah disisimu yang paling layak. Kami tahu Engkau lah yang terbaik dalam merawat ayah.. Aminn


Selamat ulang tahun ayah... (Diu Oktora / Graha Raya Bintaro, 4 Maret 2013 Subuh)


In memoriam our beloved ayah, suami, mertua dan eyang..


Pudjianto bin Parto RajidJatiroto, 4/3/1952 - Bekasi, 28/8/2012

Tidak ada komentar: