10 Agustus 2014

Si Mbak ...

Hari ini (pas nulis ini tanggal 9 agustus 2014 malam) banyak dapat "pesan berantai" dari beberapa teman2, isinya hampir sama, intinya sahabat2 ku kebingungan karena Asisten Rumah Tangga (ART)  nya ga balik lagi dan belum punya ART baru. Bukan cuma itu, ada juga beberapa teman udah berhari-hari pasang status di profil BBM atau facebook, juga soal ga punya ART. Ini memang penyakit menahun sehabis lebaran. Dan urusan cari ART baru itu bukan persoalan gampang, walaupun dibilang sulit juga enggak, tapi tetep buat sakit kepala.

Alhamdullilah, sehabis lebaran tahun ini, aku ga masuk golongan yang sakit kepala, ga kebingungan lagi ART mau balik atau enggak, atau pusing kasak kusuk cari ART baru. Sejak awal tahun ini aku memang sudah ga ngantor lagi, alias full time at home, jadi Alhamdullilah bisa ngurus anak dan rumah sendiri. Sebenernya, bukan ga perlu pembantu juga, karena ngurus anak dan rumah sendiri itu capeknya menurut gue lebih parah dari kerja kantor. Tapi karena ga mau ribet dengan urusan "si mbak" makanya aku putusin untuk tidak pakai ART sama sekali.

Urusan ART buat aku sebenernya lebih banyak ngeselin daripada menyenangkan. Bener sih kalau ada "si mbak" kita dibantu jaga anak, bersih-bersih rumah, dll kerjaan rumah mereka kerjakan. Tapi, yang ga nahan sama ART ini sebenernya mereka seenaknya aja juga. Hari ini mau berhenti, dia minta berhenti. Kalau pas ngumpul sama mbak2 yg lain, kita diomongin jelek2 (aku pernah denger sendiri kelakuan mbak2 yang begini). Padahal, bukan ngitung2 kebaikan yang kita kasih, kemana kita pergi, si mbak kita ajak. Apa yang kita makan, itu juga yang si mbak makan... Eh, si mbak malah sms : bu, saya ga balik lagi, mau cari kerja yang lain, atau ngomong bu, saya mau pindah ke rumah ibu yang di blok depan aja besok... Dubrak kan.

Dibalik, kehebohan soal ART, buat teman2 yang kerja, aku tahu bagaimana kebingungan mereka saat kerja sudah aktif lagi, tapi belum punya ART. Dulu aku juga merasakan hal yang sama, panik kalau si mbak mendadak berhenti, itu artinya ga ada yang jaga anak2 di rumah. Nah, karena capek juga ngadepin hal2 yang seperti ini, jadi salah satu penyebab aku memutuskan berhenti kerja full time di kantor, aku lebih memilih kerja yang bisa dikerjakan dari rumah. Bukan apa2, ternyata ganti2 pembantu atau pengasuh anak2 itu, bisa mempengaruhi psikologi anak-anak karena mereka harus selalu beradaptasi dengan mbak yang baru.

Nah, buat teman2 ku yang sampai sekarang masih bingung cari ART, masih bingung belum punya mbak baru. Insya Allah karena niat kita baik, niat kita untuk mencari yang jaga anak2 di rumah teman2 semua bakalan segera dapat mbak yang baru. Ayo teman2 tetap semangat ya. (Diu Oktora/ Graha Raya Bintaro - Cluster Valencia, 10 Agustus 2014)

Tidak ada komentar: