17 Juli 2017

Tematik Weekend, Mendidik Anak Sekaligus Bermain

Weekend, sudah pasti hari yang paling ditunggu anak-anak, karena mereka terbebas dari rutinitas sekolah selama 5 hari, dan anak-anak bisa bermain seharian. Biasanya anak-anak kalau sudah weekend begini suka sekali minta main ke mall, kalaupun di rumah seharian anak-anak biasanya full main gadget karena selama sekolah, mereka tidak boleh main gadget.

Sesungguhnya dua rutinitas itu, main ke mall atau main gadget, bukanlah sesuatu yang salah juga buat dilakukan anak-anak. Setelah 5 hari mereka berkutat dengan pelajaran sekolah, weekend adalah waktu yang pas untuk mereka menikmati waktu untuk bermain dan bersantai. Tapi buat aku sebagai orangtua, kalau anak-anak di waktu weekendnya hanya sekedar bermain ke mall atau bermain gadget itu sangat sayang sekali.

Akupun mulai coba mengkonsep liburan weekend anak-anak dengan berbagai tema khusus. Ini aku lakukan supaya mereka bisa bermain sambil mendapatkan pelajaraan atau pengetahuan baru. Untuk bulan ini dan bulan depan, aku sudah menawarkan konsep "Weekend Goes to Museum". Saya pun mengadakan riset singkat museum apa yang kira-kira akan menarik buat kedua anak saya yang berusia 10 dan 5 tahun. Akhirnya beberapa museum menjadi pilihan aku, antara lain Museum Pancasila Sakti, Museum Polri, Museum Satria Mandala, Museum Bank Mandiri, dan Museum Bank Indonesia. 


Kelima museum tersebut menjadi pilihan bukan tanpa pertimbangan tertentu. Pemilihan Museum Pancasila Sakti misalnya, museum ini aku pilih karena cerita sejarah yang menarik bagi anak-anak. Sejarah mengenai pembunuhan 7 pahlawan revolusi yang dimasukkan dalam sebuah sumur. Museum Polri dan Museum Satria Mandala, aku memilih ini karena sosok polisi dan tentara itu sangat lekat dengan anak-anak, kebetulan juga kedua museum ini berdekatan, jadi sehabis melihat sejarah mengenai kepolisian, anak-anak bisa langsung juga melihat sejarah Tentara Nasional Indonesia. Museum Bank Indonesia dan Museum Bank Mandiri menjadi pilihan berikut, selain karena lokasi yang berdekatan, anak-anak disini bisa mengetahui soal seluk beluk pembuatan uang dan sejarah perbankan di Indonesia. Ini pasti akan menarik buat anak-anak karena mereka sehari-hari sangat mengenal uang.

Aku pun membuat ringkasan museum yang akan dikunjungi, kemudian aku ceritakan ke anak-anak, dan mereka sangat tertarik untuk bisa berkunjung ke museum. Mereka penasaran dengan informasi yang sangat sedikit aku berikan. Museum menjadi pilihan tematik weekend karena menurut aku banyak sekali manfaat yang anak-anak bisa dapatkan, antara lain:

  • Mengenalkan sejarah atau suatu peristiwa kepada anak-anak
  • Memancing anak untuk bersikap kritis
  • Membangkitkan rasa penasaran anak
  • Memperkenalkan kepada anak-anak, bahwa saat libur itu bukan hanya mall atau pusat perbelanjaan saja tempat untuk bermain
  • Menumbuhkan rasa ketertarikan anak terhadap hal-hal baru
  • Mengajak anak untuk belajar bagaimana mencari informasi
  • Membuka wawasan anak
Dengan mengajak anak ketempat yang menarik seperti museum tentu juga akan memberikan pengalaman menarik bagi anak-anak, bahwa untuk mempelajari atau mengenal sesuatu itu bisa dilakukan tidak hanya melalui belajar di sekolah. Tapi sambil bermain, sambil berekreasi juga bisa dilakukan untuk anak-anak mempelajari sesuatu. Belajar sambil bermain sudah pasti kesenangan anak-anak.

Tidak ada komentar: